Kesehatan Anak dalam Keluarga

Ketika menjadi orang tua, dua hal menjadi sangat jelas sehingga bahkan otak saya yang kurang tidur tidak dapat mengabaikannya. Pertama: Tidak ada yang lebih penting daripada kesehatan keluarga saya. Kedua: Sebagian besar di dunia ini berbagai macam fenomena kehidupan mulai dari promo besar-besaran untuk makanan cepat saji dan permainan dengan berbagai model hingga berkurangnya ruang terbuka di mana anak-anak dapat bermain dan terhubung dengan dunia alami semakin rusak.

Tetapi membesarkan keluarga yang sehat adalah jauh dari mustahil. Bahkan, hanya perlu beberapa strategi sederhana untuk mulai mengarahkan seluruh rumah tangga Anda menuju gaya hidup yang lebih sehat. Menanamkan kebiasaan dan menghargai kesehatan bagi keluarga Anda serta Anda benar-benar akan memberi mereka hadiah seumur hidup; seperti Pola makan yang sehat, olahraga teratur dan tidak merokok dapat menghilangkan 80 persen penyakit jantung dan 70 persen dari beberapa kanker. Penelitian juga menunjukkan bahwa anak-anak yang belajar membuat pilihan makanan yang lebih sehat di sekolah dasar akan mempertahankan kebiasaan itu seiring bertambahnya usia.

Di dunia ini tampaknya menempatkan kenyamanan makanan di atas kualitasnya, seperti membuat tempat duduk enak di depan tempat masak tampak lebih menarik daripada fokus “bergerak sedikit” sambil memasak, atau memupuk kebiasaan sehat di rumah membutuhkan intervensi proaktif dan berlarut-larut pada sebagian besar orang tua.

Jangan salah: Semua hal tersebut asal mula dari Anda. Dan cara terbaik untuk mengajarkan perilaku yang baik adalah dengan memodelkannya (keteladanan). Anak-anak melihat kemunafikan dan kebohongan lebih cepat daripada yang dapat mereka temukan di mana Anda menyembunyikan “kue keju”. “Anak-anak belajar dengan meniru,” maka orang tua menampilkan yang baik-baik. Ketika si anak melihat orang tuanya hidup dengan baik, mereka jelas mencoba menirunya.

Landasan lain membesarkan keluarga yang sehat? Pendidikan. Mengajari anak-anak Anda bagaimana mereka melakukannya misalnya tata cara makan, dan rasa ingin tahu mereka akan melekat, juga membantu mereka memahami konsekuensi biologis dari perilaku yang sehat dan tidak sehat, dan mempersiapkan mereka untuk membuat pilihan yang lebih menghargai diri sendiri sepanjang hidup mereka. Topik-topik semacam itu tidak sering dicakup dalam kurikulum sekolah dasar yang khas saat ini, jadi sekali lagi menjadi tanggung jawab keluarga untuk melakukan banyak pengajaran.

Dengan mengingat hal itu, berikut adalah beberapa prinsip yang akan membantu memberikan tidak hanya anak-anak Anda, tetapi seluruh anggota rumah tangga Anda bagaimana menjaga kesehatan terbaik dengan harapan menjadi referensi akan datang.

A. Makanan Sehat

Nutrisi yang baik adalah landasan kesehatan seumur hidup. Tetapi terlalu sering dalam budaya komersial kita, makanan digambarkan bukan sebagai makanan untuk tubuh, tetapi sebagai pengenyang perut atau “musuh penggemukan”. Di beberapa rumah tangga, makanan yang dimasak di rumah tidak menjaga kualitas, dan makanan olahan tersebut telah menjadi sumber kalori utama. Seiring waktu, kalori kosong dan pola makan salah dapat berkontribusi tidak hanya pada rekor tingkat tinggi obesitas pada masa kanak-kanak, tetapi juga untuk banyak momok terkait gaya hidup; seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker  yang memengaruhi puluhan juta keluarga setiap tahun.

Beberapa kiat-kiat berikut mendorong makan sehat:

Menyimpan. Berikan banyak pilihan camilan sehat, seperti buah dan sayur-sayuran. Jika Anda hanya memberikan alternatif yang sehat dan kemudian membiarkan anggota keluarga Anda memilih apa yang mereka sukai, makan sehat akan menjadi jauh lebih mudah. Pastikan meja dapur Anda penuh dengan buah-buahan, dapatkan makanan ringan sehat di lemari Anda dan jangan membeli semua barang yang diiklankan di TV. Bahkan, membuat anak-anak menonton program TV yang memiliki lebih sedikit iklan akan sangat membantu. 

Jauhkan junk food (makanan cepat saji)  dari jangkauan, jauh dari pandangan atau lebih baik lagi buat lah makanan sendiri yang bergizi. Sebuah studi tahun 2001 yang diterbitkan dalam The Lancet menemukan bahwa peluang seorang anak untuk menjadi gemuk meningkat 1,6 kali untuk setiap porsi tambahan soda yang dia minum per hari di atas rata-rata harian.

Makan bersama. Semua anggota keluarga (terutama ayah ibu) meluangkan waktu untuk makan bersama cenderung memiliki nutrisi yang lebih baik. Studi menunjukkan bahwa anak-anak yang makan secara teratur dengan keluarga mereka mengkonsumsi lebih banyak buah, sayuran dan kalsium dan minum minuman ringan secara signifikan lebih sedikit daripada rekan-rekan mereka yang tidak.

Mereka juga memiliki kebiasaan makan yang lebih sehat. Dalam studi Project EAT (Eating Among Teens) mereka, para peneliti di University of Minnesota di Minneapolis menemukan bahwa anak perempuan remaja yang makan setidaknya tiga kali per minggu dengan keluarga mereka memiliki kurang dari setengah kemungkinan terlibat dalam perilaku pengendalian berat badan yang tidak sehat dibandingkan dengan anak perempuan yang makan makanan keluarga hanya sekali atau dua kali per minggu.

Baca Juga:  Tokoh Aceh: Prof. Dr. H. Ismuha, SH

Makan sarapan. Memulai hari dengan gula darah rendah adalah berita buruk bagi siapa pun, tetapi terutama bagi anak-anak, karena itu dapat memengaruhi suasana hati dan konsentrasi mereka di sekolah dan mengatur mereka untuk ngemil yang tidak sehat nantinya. Cereal manis dapat memperburuk keadaan, jadi tawarkan makanan cepat dan sehat seperti pisang, berry, yogurt, telur rebus, roti gandum dan mentega kacang. Biarkan anak-anak meniru Anda dengan sarapan sehat juga!

Bersikaplah gigih. Jangan menyerah jika anak Anda menolak keras makanan sehat. Penelitian telah menunjukkan bahwa mungkin diperlukan sebanyak 10 atau 12 kali sebelum mereka menerima makanan baru. Tapi jangan mendorong terlalu keras dan memaksa. Suapin mereka dengan variasi yang baik  dalam suasana santai.”

Akhirnya, jangan remehkan kecerdasan anak-anak Anda. Jika Anda meluangkan waktu untuk menjelaskan dasar-dasar kualitas dan nutrisi makanan, dan kemudian utamakan pilihan makanan yang cerdas, mereka mungkin akan mengikutinya. Jika Anda tidak cukup tahu tentang nutrisi untuk mengajar mereka, luangkan waktu untuk mempelajarinya.

B. Sehat Jasmani dan Rohani

American Medical Association mengatakan penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang berpartisipasi dalam kegiatan kebugaran sebagai anak-anak terus tetap aktif sepanjang hidup mereka. Jadi jika kita ingin anak-anak kita menikmati masa depan yang sehat, yang terbaik adalah membuat mereka sering bergerak atau berolahraga.

Sayangnya, kebugaran anak-anak kita telah menjadi krisis nasional. Beberapa sumber menjelaskan bahwa hampir setengah dari kaum muda usia 12 hingga 21 dan lebih dari sepertiga siswa sekolah menengah tidak berpartisipasi dalam aktivitas fisik yang kuat secara teratur. Kurangnya aktivitas adalah salah satu penyebab utama di balik epidemi obesitas; itu juga meningkatkan risiko penyakit cardiovascular, diabetes tipe 2, jenis kanker tertentu, kecanduan, stres dan depresi sepanjang hidup.

Sebenarnya anak-anak dilahirkan dengan “cinta alam” dalam beraktivitas. Tantangannya adalah tidak begitu banyak mendorong anak untuk berolahraga; melainkan, itu memastikan mereka tidak dibonsai beraktivitas.

Pada sekitar usia 10, anak-anak membuat keputusan tentang apakah mereka atletis atau tidak. Setelah keputusan itu dibuat, sulit untuk mengubahnya. Membuatnya menjadi kata yang baik membutuhkan sensitivitas terhadap kecenderungan individu anak-anak Anda. Beberapa anak berkembang dengan sepak bola, bisbol, atau sepak bola. Lain lagi pada olahraga berbahaya misalnya berseluncur es atau karate. Anak Anda perlu pemandu dengan mengatakan pada mereka bukan itu yang kamu suka. Anda mungkin suka bermain golf, tetapi jika anak Anda tidak, itu tidak akan berhasil.

Beberapa catatan kecil tentang kiat-kiat untuk mendorong olahraga:

Tunjukkan pada mereka bagaimana hal itu dilakukan. Suka atau tidak, Anda adalah panutan kebugaran paling berpengaruh bagi anak-anak Anda. Orang tua harus memimpin dengan memberi contoh,karena anak-anak kita mengawasi setiap gerakan kita. Biarkan anak-anak Anda melihat Anda berjuang bukan yang dilihat penderitaan. Mengeluh dan ketakutan Anda berolahraga bukanlah cara untuk membuatnya tampak lebih menarik bagi keturunan Anda.

Bergerak bersama-sama. Menjadikan olahraga sebagai kegiatan keluarga tidak hanya membuat semua orang bergerak, tetapi juga menawarkan kesempatan besar untuk terhubung dalam semangat kesenangan.

Temui anak-anak di level mereka. Temukan cara untuk menggabungkan olahraga ke dalam kegiatan yang sudah dinikmati anak Anda. Undang teman mereka. Mainkan musik mereka.

Jangan menjadi diktator. Salah satu cara pasti untuk mematikan anak-anak adalah menjadikan olahraga sebagai pekerjaan yang tidak menyenangkan. Jangan membuat olahraga persyaratan untuk pencuci mulut atau memaki mereka dengan penghinaan ketika mereka kekurangan keramaian. Motivasi anak Anda dengan insentif dan dorongan, bukan hukuman. Lakukan apa yang Anda bisa untuk membuat setiap pengalaman aktif menjadi positif.

Jadilah sensitif. Hormati batas fisik dan kerentanan emosional anak Anda. Jangan memaksakan pelajaran berenang pada anak yang sadar diri berada di pakaian renang, atau membuat anak mendaki dengan ransel yang terlalu berat. Ingat: Tujuannya di sini adalah untuk menanamkan kesehatan dan kebugaran sebagai nilai keluarga bersama, bukan keputusan orang tua dari atas. Waspadai juga, bahwa penilaian negatif atau kecemasan tentang tubuh Anda sendiri atau kemampuan atletik dapat mengalir dengan cara yang merusak kepercayaan diri dan harga diri anak Anda.

C. Liburan / Tafakkur Alam

Satu hal sederhana dapat membantu meringankan semua tantangan yang dijelaskan di atas: Ajak jalan-jalan keluarga Anda untuk berliburan menikmati indahnya alam atau lainnya.

Dunia alami adalah perawatan untuk gaya hidup yang tidak sehat dan tidak aktif. Itu pencegahan. Semakin muda anak-anak, semakin preventif itu. Hak masa anak-anak berolahraga yang kuat, hubungan sosial sesama teman sejawat, dan permainan kreatif. Dan bukan kebetulan bahwa obesitas dan kurangnya kebugaran tersebar luas di antara anak-anak yang menghabiskan lebih sedikit waktu di luar rumah.

Baca Juga:  Branding dan Pemasaran Pendidikan

Dalam buku “Last Child dalam Woods” menjelaskan anak-anak banyak menderita dari apa yang ia sebut “gangguan defisit alam.” Keterasingan dari lingkungan alam ini, membawa berkurangnya penggunaan indra, kesulitan perhatian, dan tingkat fisik dan fisik yang lebih tinggi. penyakit emosional. “Mengurangi defisit – menyembuhkan ikatan yang rusak antara masa muda kita dan alam – adalah untuk kepentingan kita sendiri,” Buku tersebut menjelaskan juga, “tidak hanya karena estetika atau keadilan menuntutnya, tetapi juga karena kesehatan mental, fisik dan spiritual kita bergantung padanya.”

Kekuatan penyembuhan dari alam lebih dari klise. Penelitian telah menunjukkan bahwa waktu yang dihabiskan di luar ruangan berkorelasi dengan peningkatan aktivitas fisik dan kesejahteraan psikologis pada anak-anak. Sebagai contoh, para peneliti dari Cornell University, N.Y., memeriksa 337 anak-anak pedesaan antara kelas tiga dan lima dan menemukan bahwa mereka yang tinggal di dekat daerah alami menunjukkan lebih sedikit dampak dari stres. Louv berpendapat bahwa permainan anak-anak di alam mengurangi gangguan depresi, obesitas, dan defisit perhatian; meningkatkan kinerja akademik; dan mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, pemikiran kritis dan kreativitas.

Apa cara terbaik untuk memberi anak Anda dosis obat pencegahan? Datang bersama mereka kapan pun Anda bisa. Temukan lansekap, elemen, dan keindahan alam bersama. Apakah Anda mengajar anak-anak Anda untuk menghormati dunia alami, atau menghormati tubuh mereka sendiri, satu hal yang pasti: Cara terbaik untuk mengekspresikan nilai-nilai sehat Anda sebagai orang tua adalah memperjelas dalam interaksi sehari-hari Anda dengan anak-anak Anda. Seperti nilai-nilai keluarga lainnya, hidup sehat paling baik diajarkan, dan dipelajari dengan contoh.

D. Kecerdasan Emosional

Manajemen stres hanyalah satu bagian dari keseluruhan kesehatan mental dan emosional. Dalam beberapa tahun terakhir, psikolog telah mulai berbicara tentang “kecerdasan emosional” dengan cara yang sama kita berbicara tentang jenis intelektual. Penulis Raising an Emotionally Intelligent Child: The Heart of Parenting, membagi orang tua menjadi dua kategori: mereka yang memberi anak bimbingan tentang emosi, dan mereka yang tidak. Dia mengatakan orang tua yang merupakan “pelatih emosi” mempersiapkan anak-anak mereka untuk menghadapi pasang surut kehidupan. Mereka tidak keberatan dengan ekspresi kemarahan, kesedihan atau ketakutan pada anak-anak; alih-alih mereka memperlakukan perasaan seperti fakta kehidupan dan peluang untuk mengajarkan pelajaran kehidupan dan cara-cara untuk membangun hubungan yang lebih dekat. Anak-anak cenderung lebih sehat secara fisik dan emosional.

Pada tahun 1986, memulai sebuah studi di Illinois Amerika dari 56 pasangan menikah dengan anak-anak usia 4 atau 5. Ketika mereka menindak-lanjuti tiga tahun kemudian, anak-anak dari “pelatih emosi” menunjukkan kinerja akademik yang lebih baik, kompetensi sosial, kesejahteraan emosional dan kesehatan fisik. Mereka bergaul lebih baik dengan teman-teman mereka, memiliki keterampilan sosial yang lebih kuat dan memiliki kehidupan emosional yang lebih positif. Mereka bahkan memiliki kadar hormon terkait stres yang lebih rendah dalam urin mereka, detak jantung istirahat yang lebih rendah, dan tingkat penyakit yang lebih rendah seperti pilek dan flu.

Waspadalah. Belajarlah untuk mengenali emosi anak Anda ketika mereka muncul, dan menjadi sadar akan emosi Anda sendiri.

Bangun koneksi. Situasi emosional menghadirkan peluang untuk keintiman dan pengajaran antara Anda dan anak Anda. Mereka bukan “masalah” yang harus dipecahkan.

Mendengarkan. Dengarkan dengan penuh empati dan validasi perasaan anak Anda ketika dia menggambarkan reaksinya terhadap peristiwa atau situasi tertentu. Biarkan dia tahu bahwa, apa pun perasaannya, itu tidak baik atau buruk, tetapi normal.

Label. Jelaskan dan beri nama emosi anak Anda dengan kata-kata yang dapat ia pahami. Merenungkan dengan penuh kasih kepada anak Anda ketika Anda melihat bahwa dia sedih / marah / terluka membantu dia mengidentifikasi dan mengatasi dengan lebih efektif.

Membantu. Bantu anak Anda menemukan cara yang tepat untuk menyelesaikan masalah atau menangani masalah atau situasi yang mengecewakan. Tetapkan batasan pada perilaku, bukan perasaan.

Ketika ibu dan ayah menggunakan gaya pengasuhan orangtua, anak-anak mereka menjadi lebih tangguh.. “Anak-anak yang dilatih emosi masih merasa sedih, marah, atau takut dalam situasi sulit, tetapi mereka lebih mampu menenangkan diri, bangkit kembali dari kesusahan dan melanjutkan kegiatan produktif. Dengan kata lain, mereka lebih cerdas secara emosional. “

E. Media Sosial

Tidak peduli seberapa sensitif dan berevolusi gaya pengasuhan Anda, tidak peduli seberapa berdedikasi komitmen Anda untuk kesejahteraan anak-anak Anda, penting menyadari bahwa Anda bukan satu-satunya mempengaruhi mereka. Anak-anak dan remaja saat ini adalah target dari rangkaian pemasaran yang masif, berkesinambungan, dan seringkali berbahaya yang mempromosikan makanan, hiburan, dan sikap yang bertentangan dengan kesehatan dan kebahagiaan yang bertahan lama.

Baca Juga:  Hal-Hal Yang Dilupakan Dalam Melakukan Wudhu

Seorang Psikolog (Allen Kanner, PhD) mengatakan bahwa hal pertama yang harus dipahami orang tua adalah bahwa teknologi komersial modern adalah salah satu perangkat paling kuat yang pernah dibuat manusia. Dan kekuatannya adalah psikologis dan emosional. Pemasaran kepada anak-anak melalui media bukan hanya masalah kejengkelan atau hal-hal sepele, tetapi juga memiliki dampak mendalam pada mereka. Menurut Kaiser Family Foundation, rata-rata anak menghabiskan hampir 40 jam seminggu (setara dengan pekerjaan penuh waktu) mengonsumsi beberapa jenis media yang tidak terkait dengan sekolah, seperti TV, musik, komputer, koran, majalah, dan permainan video. Sekitar 65% anak-anak berusia antara 8 dan 18 tahun memiliki dan menonton televisi di kamar mereka, demikian juga 32% dari mereka yang berusia antara 2 dan 7 tahun.

Menurut peneliti dari Children’s Hospital Boston, rata-rata anak melihat 10.000 iklan makanan per tahun, 95 persen di antaranya untuk makanan cepat saji, minuman ringan, permen, atau sereal bergula. Dan pesan media yang tidak sehat jauh melampaui iklan yang ditargetkan. Dari komedi situasi hingga penyebaran majalah ke obrolan tanpa pikiran di acara radio pagi, anak-anak menerima pesan yang tidak realistis dan tidak sehat tentang citra tubuh, gaya hidup, dan nilai-nilai. Lansekap (tata ruang) media saat ini adalah ladang ranjau informasi yang salah – dan melindungi anak-anak darinya bisa menjadi pekerjaan penuh waktu. Berikut langkah-langkah yang anda lakukan:

Temukan sekutu. Bicaralah dengan orang tua lain tentang pedoman untuk konsumsi media. Anak-anak Anda akan kurang rentan terhadap tekanan teman sebaya jika teman-teman terbaik mereka memiliki aturan yang sama.

Berjalan di aula. Sekolah telah menjadi situs promosi untuk makanan cepat saji, minuman dan produk tidak sehat lainnya. Luangkan waktu untuk mencari tahu siapa yang memasarkan anak-anak Anda ketika Anda tidak melihatnya.

Batasi waktu menonton. Tetapkan batas pada penggunaan komputer dan TV. Pihak American Academy of Pediatrics merekomendasikan tidak ada waktu layar untuk anak-anak 2 dan lebih muda, dan tidak lebih dari satu atau dua jam TV berkualitas atau video sehari untuk anak-anak yang lebih tua.

Temukan agendanya. Jelaskan tujuan beriklan dan mintalah anak Anda menemukan “Aku Mau! Beli aku! Pesan Satu”. Hal demikian akan “membantu anak-anak melihat manipulasi” yang melekat dalam sebagian besar iklan.

F. Manajemen Stres

Tidak ada keluarga yang bebas stres, dan hanya orang tua yang kesehatannya tergantung pada keterampilan manajemen stres yang baik. Setiap Anak mulai dari TK hingga SMA mengalami kecemasan atas hal-hal seperti perpisahan dari orang tua, pengganggu, nilai, tekanan sosial dan teman sebaya, dan bentuk tubuh. Secara alami anak-anak tangguh, kurangnya perspektif hidup mereka juga dapat membuat mereka lebih rentan terhadap stres dan efek negatifnya pada tubuh mereka terutama masalah perut dan ruam kulit akibat waktu tidur dan amarah.

Jika Anda tidak belajar bagaimana menangani stres ketika Anda muda, itu membuat Anda cenderung untuk segalanya ketika Anda lebih tua akan mengalami depresi,penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kecemasan, dan penyakit perut. Ini sangat berbahaya kecuali mereka diberikan alternatif yang lebih baik, anak-anak dapat dengan mudah mengembangkan cara mengatasi stres, seperti menutup emosi, bertindak agresif, beralih ke hal-hal yang tidak tidak diharapkan. Secara khusus, gadis-gadis muda yang tidak belajar keterampilan koping yang sehat dapat mencoba untuk mengelola kecemasan mereka melalui makan (atau tidak makan) dan meningkatkan risiko mengembangkan gangguan makan. Tips untuk mengajarkan respons sehat terhadap stres:

Tetap tenang. Jika orang tua terlalu reaktif terhadap situasi stres, anak-anak akan memahaminya bahkan sebelum mereka memiliki kata-kata untuk menggambarkannya. Tunjukkan pada anak-anak Anda bahwa pilihan yang bijaksana bukan ledakan reaktif adalah cara terbaik untuk menyelesaikan masalah.

Biarkan Jalan terbuka. Anda tidak akan tahu anak-anak Anda stres jika Anda tidak berbicara dengan mereka. Jika Anda mengatakan sambil berteriak pada anak-anak Anda untuk berperilaku baik ketika mereka masih muda, jangan berharap mereka datang kepada Anda ketika mereka memiliki masalah. Berusahalah untuk melibatkan anak-anak Anda dengan percakapan yang bermakna, dan berikan rasa yang simpatik bukan menghakimi. Bantu mereka mengidentifikasi jalan-jalan kehidupan ketika mereka merasa putus asa atau macet.

Meringankan tekanan. Bantu anak-anak Anda mengenali tanda-tanda stres (sesak atau beterbangan di dada atau perut; otot-otot terkatup, suasana hati rendah), dan promosikan rutinitas sehat yang membantu menghilangkan stres, seperti olahraga, hobi, bermain alat musik atau membuat karya seni.

Demikian ulasan bagaimana kita menjaga nilai-nilai kesehatan anak dalam keluarga. Uraian diatas dikutip dari berbagai sumber.

Tambahkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *